Rahasia Tentang Uang (Chapter 7)

Hukum #62

Bukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan,

namun apa yang Anda lakukan dengan uang yang 

Anda hasilkan

Dan Benson 

(Konsultan keuangan, penulis buku “12 Stupid

Mistakes People Make with Their Money”)

Kebanyakan orang bingung kalau ditanya, “Apa yang Anda lakukan jika memiliki uang 10 miliae?” Banyak yang terjebak dengan mengatakan ingin membeli rumah mewah, mobil mewah, apartemen, berlibur ke luar negeri, dan segala macam pleisure yang dapat mereka bayangkan. Mereka lupa untuk memikirkan berapa jumlah yang ideal untuk diinvestasikan kembali. Persoalannya terletak pada bagaimana kita bisa memiliki pola pikir seperti seorang investor sejati. seorang investor sejati menganggap uang adalah bahan baku bagi proses penciptaan nilai, sedangkan kebanyakan orang miskin dan kelas menengah menganggap uang sebagai tujuan akhir yang harus dinikmati sepenuhnya.

Berpenghasilan Rp 1 juta atau 1 miliar pada prinsipnya sama saja. Yang terpenting adalah berapa persen dari jumlah tersebut yang bisa ditanamkan kembali ke dalam berbagai instrumen investasi. Itulah yang membuat Warren Buffet bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Hukum #63

Jangan biarkan pendapat orang lain

membatasi kesuksesan Anda

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Kata-kata Will Rogers ini dapat menjadi renungan kita: “Terlalu banyak orang membuang uang yang tidak mereka miliki untuk membeli barang yang tidak mereka inginkan, demi mengesankan orang-orang yang tidak mereka sukai.”

Lebih parah lagi, mereka memaknai itu sebagai kebutuhan, dan mereka terjerat olehnya. Apakah menurut Anda, membuat orang lain terkesan adalah suatu kebutuhan? Cobalah perhatikan tetangga Anda yang mobilnya paling bagus, pasti utangnya juga besar.

Hukum #64

Para pemenang tidak hanya memikirkan uang

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia, penulis buku-buku best seller)

Para pemenang tidak pernah berbicara tentang uang. Mereka lebih tertarik pada gagasan, impian dan cita-cita. Uang merupakan konsekuensi logis dari suatu keberhasilan. Uang hanyalah merupakan salah satu sarana. Tanpa uang, para pemenang dapat mewujudkan ide-idenya yang brilian. Mengapa? Sebab gagasan yang bagus itu sendiri merupakan modal  yang tiada tara. Tujuan utama para pememnang adalah mewujudkan gagsannya, atau membuat gagsannya diterima banyak orang.

Hukum #65

Kata terpenting yang membangun kekayaan adalah “save”

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Dalam bahasa Indonesia, save berarti menabung atau menyimpan. To save berarti Anda menyimpan utilitas saat ini untuk dimanfaatkan masa depan. Rumusnya: SAVING = INCOME – CONSUMPTION. Ada dua cara sederhana untuk memaksimalkan saving agar kekaayaan Anda di masa depan dapat terjamin, yaitu: (a) meningkatkan penghasilan; atau (b) mengurangi konsumsi. Tempuhlah kedua cara itu secara bersamaan, maka hasilnya akan sangat menakjubkan.

Hukum #66

Jika kekayaan sejati tidak dapat diukur dengan uang,

mengapa begitu berat hidup dengan cara itu?

Marshall Glickman

(Miliarder dan konsultan keuangan)

Kebahagiaan itu ibarat kupu-kupu. Semakin Anda mengejarnya, semakin ia akan menghindari Anda. Tetepi jika Anda mengalihkan pada hal-hal lain, ia akan datang dan dengan lembut hinggap di atas bahu Anda. Salah jika Anda menganggap bahwa dengan menjadi kaya, Anda akan bahagia. Namun, dengan menjadi kaya, Anda akan mampu melakukan banyak hal dibandingkan kalau Anda miskin.

Hukum #67

Rahasia kemakmuran adalah kemurahan hati

J. Donald Walters

(Pemotivasi)

Segala sesuatu ada konsekuensinya. Siapa yang menabur akan menuai. Siapa yang murah hati akan memperoleh berkat berlimpah. Ini merupakan hukum alam yang sulit dicerna secara rasio, namun terbukti kebenarannya logikanya uang kita akan berkurang kalau kita memberikannya kepada orang lain. Namun kenyataannya, uang kita justeru akan bertambah setelah kita menyisihkannya untuk keperluan orang lain. Alam memiliki keseimbangannya sendiri, dan give and take merupakan mekanisme untuk menjaga keseimbangan tersebut.

Buku Sumber: “Rahasia Tentang Uang” Menurut Kalangan Jet Set & ParaPakar Fianansial Terkemuka Karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: