Rahasia Tentang Uang (Chapter 6)

Rahasia #52

If you can count it, you can control it

Putra Sampoerna

(Entrepreneur, mantan CEO Sampoerna)

Bila Anda ingin tahu isi perut suatu perusahaan, tanyakanlah pada manager keunangannya. fotografer boleh berbangga karena “satu gambar bisa menjelaskan seribu kalimat”. Akunting juga bisa berbangga, karena “sederet angka bisa menjelaskan sejuta situasi”. Karena itu, cobalah mengendalikan keuangan pribadi Anda dengan sistem akunting yang standar. Pencatatan dan penghitungan yang cermat membuat Anda selalu mampu mengendalikan keuangan Anda.

Rahasia #53

Ketika Anda menguasai keuangan Anda,

maka Anda menguasai kehidupan Anda

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia, penulis buku-buku best seller)

Keuangan adalah subyek yang pada dasarnya sederhana, karena ia mudah diukur. Ada metode dan sistem yang digunakan untuk mengukurnya. Gunakanlah metode dan sistem itu untuk menguasai keuangan Anda. Jika Anda mampu mengendalikan pemasukan dan pengeluaran dengan baik, maka Anda akan lebih mudah menguasai kehidupan Anda sendiri.

Rahasia #54

Kesenangan yang tertunda bukanlah 

kesenangan yang diingkari

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Anda selalu diminta menunda kesenangan diawal periode investasi. Bukan berarti Anda tidak boleh membeli sesuatu hanya saja, itu belum waktunya. Tunggulah beberapa saat, maka Anda akan bisa mewujudkannya apapun yang Anda mau. Persoalannya adalah timing yang tepat. Berlibur ke Eropa pada tahun pertama investasi Anda, akan sangat mahal, karena opportunity cost yang tinggi dari uang Anda. Lima tahun berikutnya jauh lebih murah, bahkan mungkin bisa dilakukan dengan budget tak terbatas.

Rahasia #55

Perhatikan  hal-hal kecil

Donald Trump

(Konglomerat dan raja ritel AS)

Siapa yang mampu melihat detail, dialah yang akan memenangkan persaingan. Siapa yang bersedia memperhatikan hal-hal kecil, dialah yang bisa melihat kandungan bulir emas dari segunung tanah. Kemampuan orang mengakumulasi kekayaan seringkali muncul karena orang tersebut bisa memperhatikan hal-hal kecil. Efisiensi secara optimal bisa dilakukan dengan mielihat hal-hal kecil. Maksimasi pendapatan juga bisa dilakukan dengan melihat potensi bisnis dari hal-hal yang tampaknya kecil atau rendah.

Rahasia #56

Jika Anda ingin sungguh-sungguh kaya,  Anda harus

menabung 15 persen dari penghasilan Anda.

David Bach

(penasihat keuangan, penulis buku “Smart Couples Finish Rich”)

Anda membayar lima belas persen dari penghasilan Anda kepada pemerintah, dalam bentuk pajak penghasilan (PPh) atau income tax. Mengapa Anda tidak bersedia untuk menyimpan dalam persentase yang sama untuk diri sendiri? Orang miskin dan kelas menengah terjerat kebutuhan dan keinginannya sendiri, sehingga tidak mampu menyisihkan 15 persen. Itulah yang membedakan mereka dengan miliarder.

Rahasia #57

Sedikit orang menjadi sangat kaya hanya karena mereka

menaruh perhatian pada detail-

detail yang umumnya diabaikan banyak orang 

Henry Ford

(Pendiri Ford Motor Company)

Jangan menyepelekan detail. Jangan menganggap remeh hal-hal kecil. Karena disitulah barangkali terletak rahasia kekayaan Anda. Cermatilah perilaku orang-orang, pahami gaya hidup mereka, perhatikanlah nilai-nilai yang mereka anut. Dan dapatkan peluang bisnis dari semua itu!

Rahasia #58

Penghasilan dan pengeluaran

dikenai pajak, sedangkan kekayaan tidak

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Dalam slip gaji Anda tertera pajak penghasilan atau (PPh).

Artinya, pemerintah mengambil haknya lebih dulu, bahkan sebelum Anda menikmati hasil jerih lelah Anda. Ketika Anda membelanjakan gaji Anda, dalam struk tertera PPN (pajak pertambahan nilai). Apa arti semua itu? Berpikirlah secara positif. Semua itu berarti, Anda didorong untuk mengurangi pembelian konsumtif, dan menjadi investor.

Rahasia #59

Anggaplah diri Anda kaya

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia, penulis buku-buku best seller)

Seekor anak elang tidak dapat terbang ketika ia membayangkan dirinya sebagai anak ayam. Anda adalah apa yang Anda pikirkan. Berpura-pura menjadi kaya tidak lebih aneh daripada calon pilot yang melakukan simulasi menerbangkan boing 747. Lebih baik melakukan kesalahan saat melakukan simulasi, daripada melakukan kesalahan pada situasi sesungguhnya. Banyak orang kaya kembali jatuh miskin karena mereka tidak siap mental. Menganggap diri Anda kaya adalah persiapan mental yang sangat membantu ketika Anda mencapai posisi itu.

Rahasia #60

Alokasikan aset Anda sehingga

memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan risiko

David Bach

(Penasihat keuangan, penulis buku “Smart Couples Finish Rich”)

Keuntungan dan risiko merupakan dua sisi dari sekeping mata uang dalam dunia investasi. Mestinya, hubungan antara keduannya bersifat porposional. Keuntungan yang besar pasti diimbangi dengan risiko yang juga besar. Namun, masih ada cara untuk mencari keuntungan optimal dengan risiko minimal. Konsultasikan dengan penasihat keuangan Anda untuk memperoleh portfolio investasi yang ideal.

Rahasia #61

Bila seseorang menjengkelkan saat miskin,

maka ia pun akan tetap menjengkelkan saat menjadi miliarder

Warren Bufett

(Investor dan orang terkaya nomor 2 dunia)

Uang tidak mampu mengubah diri seorang miliarder sejati. Menjadi miliarder adalah persolan sikap mental, bukan masalh ada atau tidaknya modal/ uang. Jadi, bangunlah sikap mental seorang miliarder terlebih dahulu. Seseorang dengan uang bermiliar-miliar dolar, tetapi tidak mempunyai sikap miliarder, akan lebih banyak membuang uangnya ke selokan daripada menciptakan nilai dari uang tersebut.

 Buku Sumber: “Rahasia Tentang Uang” Menurut Kalangan Jet Set & ParaPakar Fianansial Terkemuka Karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag: , , ,

5 Tanggapan to “Rahasia Tentang Uang (Chapter 6)”

  1. damasdwi Says:

    info yang bagus sobat, saya termotivasi berkat tulisan sobat yang mengutip pernyataan langsung dari para ahlinya B-)

    • F.Galih Mahardi Says:

      iya Gan, perkenankan Sy untuk berbagi sedikit mengenai apa yg telah Sy baca. Bukunya kecil namun, isinya pemikiran2 besar, dan mudah2 dapat memberikan aura positif bagi kita semua.. terimakasih sdh menyempatkan diri untuk berkunjung, salam 🙂

  2. ceritacintadevi Says:

    keren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: