Rahasia Tentang Uang (Chapter 5)

Rahasia #42

Adalah jauh lebih sulit umtuk menggunakan uang secara cerdas,

Daripada mendapatkannya terlebih dahulu.

Andrew Carnegle

(Pendiri Carnegle Steel Company)

Kebanyakan orang terlalu sibuk mendapatkan uang. Tetapi tidak berpikir tentang apa yang mereka lakukan bila uang itu benar-benar sudah di tangan. Mereka bisa jatuh miskin kembali, karena tidak merancang strategi investasi yang jitu. Janganlah hanya memikirkan cara mencari uang, tapi rencanakanlah cara memanfaaatkan uang dengan bijak. karena itu jauh lebih sulit.

Rahasia #43

Investasikan waktu Anda secara aktif

Dan uang Anda secara pasif.

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Waktu dan uang merupakan sumberdaya yang paling berharga dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Keduanya memerlukan perlakua tersendiri. Ketika Anda memiliki cukup waktu luang, investasikanlah secara aktif.ketika Anda memiliki banyak uang, investsikanlah secara pasif. Untuk menghasilkan sesuatu yang konkret, uang tidak perlu didampingi oleh pemiliknya.

 

Rahasia #44

Carilah alternative investasi yang

Tidak menguras dompet.

Marshall Glickman

(Miliarder dan konsultan keuangan)

Kebanyakan orang menunda invetasi karena tidak ingin kehilangan uang, atau bahkan karena tidak memiliki uang. Sesungguhnya, Anda bisa memulainya tanpa uang. Anda bisa berinvestasi dengan mengembangkan jaringan relasi, atau mengembangkan ide-ide kreatif. Susunlah daftar relasi Anda, jaga hubungan baik dengan mereka, maka Anda akan mendapatkan keajaiban. Sususlah ide-ide kreatif Anda, maka Anda akan takjub melihat potensi yang ada di baliknya.

 

Rahasia #45

Banyarlah sekarang juga!

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia,

Penulis buku-buku best seller)

Waktu adalah uang. Ketika Anda memutuskan untuk berhutang, maka Anda harus membayar bunga. Banyak pelaku bisnis yang lebih senang menunda membayar tagihan, walaupun dengan konsekuensi di-carge bunga. Jangan lakukan kebiasaan itu. Kalau bisa, bayarlah sekarang juga. Cobalah merundingkan diskon khusus kalau Anda membayarnya secra tunai. Maka Anda bisa berhemat cukup banyak.

 

Rahasia #46

Lindungilah Anda sendiri dan keluarga

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Tidak ada sesuatu yang tanpa risiko. Begitu juga dengan hidup kita. Setiap detik, sesuatu yang buruk bisa saja menimpa diri kita. Kita beruntung, karena kita bisa memindahkan risiko itu. Milikilah asuransi karena melindungi diri Anda sendiri serta seluruh anggota keluarga. Jangan menganggap asuransi adalah biaya, melainkan investasi. Asuransi akan mengatasi bagian penting dari kesulitan Anda di masa depan.

 

Rahasia #47

Dua kata terpenting yang membangun kekayaan adalah

“compound interest” (bunga majemuk)

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University of New Orleans)

Kunci untuk membangun kekayaan adalah “daya ungkit”.bunga majemuk (compound interest) merupakan “daya ungkit” yang membuat uang beranak pinak. Pada tahun-tahun pertama investasi Anda, mungkin hasilnya belum begitu signifikan. Namun setelah tahun kelima, Anda akan tercengang melihat hasilnya yang dramatis!

 

Rahasia #48

Cara terbaik menolong orang miskin

Adalah dengan tidak menjadi salah satu dari mereka.

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia,

Penulis buku-buku best seller)

Kemiskinan selalu menimbulkan tragedy. Semakin banyak orang miskin, semakin sering terjadi konflik memperebutkan sumberdaya. Anda bisa mengurangi masalah itu dengan tidak menambah panjang daftar orang yang hidup di bawah garis kemiskinan. Jadilah orang kaya, maka Anda tidak akan merepotkan orang lain.

 

Rahasia #49

Bukan apa yang Anda tahu tentang uang,

Tapi apa yang Anda tidak tahulah yang dapat mengancurka Anda

David Bach

(Penasihat keuangan,

Penulis buku “Smart Couples Finish Rich”)

Uang merupakan makhluk eksotik yang ganas, bisa juga ramah. Pahamilah sebanyak mungkin karakter uang, maka Anda bisa menguasainya. Orang-orang yang diperbudak uang, adalah orang-orang yang tidak mau tahu tentang watak uang.

 

Rahasia #50

Milikilah daya ungkit!

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan,

Penulis seri “Rich Dad Poor Dad”)

Mengapa Daud bisa mengalahkan Goliath? Sebab ia punya senjata yang memiliki daya ungkit. Daya ungkit itu melipatgandakan kekuatan Daud, sehingga mampu melemparkan batu yang mematikan musuhnya. Jadi, milikilah daya ungkit dalam bisnis dan investasi Anda. Wujudnya adalah kompetensi inti (core competence) yang membuat Anda memenangkan persaingan. Besar kecilnya daya ungkit Anda tercermin pada profit margin atau return on investment dari modal Anda.

 

Rahasia #51

Jangan pernah merayakan hal-hal

yang belum jelas keberhasilannya

Aristotle Onassis

(Miliarder dan raja kapal Yunani)

Sebelum peluit panjang ditiup wasit, selalu ada peluang bagi tim untuk unggul untuk kebobolan, hingga akhirnya menjadi tim yang kalah. Jika Anda mengalami kemenangan jangka pendek, rayakanlah sewajarnya saja. Jangan sampai terserang victory disase yang akan mengahancurkan diri Anda. Walaupun harga saham Anda naik, Anda belum bisa menikmatinya sebelum Anda benar-benar merealisasikan transaksi penjualan saham tersebut!

 Buku Sumber: “Rahasia Tentang Uang” Menurut Kalangan Jet Set & ParaPakar Fianansial Terkemuka Karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: