6 Juni 2012, “Internet Google Launching Album IPv6”

Hari ini 6 Juni 2012, pengguna internet di seluruh dunia dikejutkan dengan “rilisnya album terbaru” yaitu dengan dikeluarkannya IPv6. Melalui Vint Cerf, Bapak penemu internetBapak internet dunia sekaligus Kepala Pelopor Internet di Google yang menyampaikan kabar dirilisnya album baru berupa IPv6 tersebut hari ini.

Album baru itu sendiri dinamai dengan  IPv6. IPv6 ini adalah internet protokol versi baru dengan kapasitas lebih besar dalam menampung jumlah alamat dari yang telah dirilis sebelumnya yaitu IPv4. Perubahan kapasitas ini dari yang sebelumnya hanya bisa menampung sekitar 4 miliar alamat, sedangkanyang yang hari ini dirilis merupakan versi terbaru dengan tersedia hingga hampir tak terbatas-340 triliun triliun triliun alamat.

IPv6 yang selengkapnya dapat disimak dari uraian penjelasan yang diambil dari halaman google yang muncul bersamaan dengan lahirnya internet versi baru yaitu IPv6.

Berikut ini ulasan yang terdapat pada halaman google:

“Versi Internet berikutnya mulai ada hari ini”.

Bagaimana jika internet kehabisan ruang?

Kenyataannya, hal itu sudah terjadi.

Vint Cerf, Kepala Pelopor Internet di Google, dan bapak penemu internet, membahas tentang versi internet berikutnya, IPv6, serta alasan mengapa kita membutuhkannya.

Kenapa internet kehabisan ruang?

Layaknya telepon yang menggunakan sistem nomor telepon untuk melakukan panggilan, setiap perangkat yang terhubung dengan internet memiliki nomor unik yang dikenal sebagai “alamat IP” yang menghubungkannya ke jaringan online gobal.

Layaknya telepon yang menggunakan sistem nomor telepon untuk melakukan panggilan, setiap perangkat yang terhubung dengan internet memiliki nomor unik yang dikenal sebagai “alamat IP” yang menghubungkannya ke jaringan online gobal.

Permasalahannya adalah sistem penentuan alamat internet saat ini, IPv4, hanya memiliki ruang untuk sekitar 4 miliar alamat — tidak cukup banyak untuk manusia di dunia, belum termasuk perangkat yang online saat ini dan perangkat yang akan ada di masa depan: komputer, ponsel, TV, jam, lemari pendingin, mobil, dan lain-lain. Lebih dari 4 miliar perangkat telah berbagi alamat; ketika IPv4 kehabisan alamat yang kosong, setiap orang harus berbagi.

Bagaimana cara memperbesar ruang?

Jelas sekali internet membutuhkan lebih banyak alamat IP.  Berapa banyak lagi tepatnya? Bagaimana jika 340 triliun triliun triliun (atau, 340.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000)? Itulah jumlah alamat yang dapat ditangani oleh “pipa” baru internet, IPv6. Itu adalah jumlah yang cukup besar untuk memberi setiap orang di bumi daftar miliaran alamat IP mereka sendiri. Dengan kata lain, cukup besar untuk menawarkan pertumbuhan ruang internet yang tak terbatas, dari sekarang hingga masa yang akan datang.

Kapan peralihan tersebut terjadi?

Penggantian saluran pipa internet akan memerlukan waktu beberapa lama. Hari Peluncuran IPv6 Dunia pada tanggal 6 Juni 2012, menandai awal dari peluncuran yang terkoordinasi oleh penyedia situs web terkemuka serta penyedia peralatan dan layanan internet. Di Google, kami merasa bahwa IPv6 sangatlah penting bagi kesehatan dan pertumbuhan internet yang berkesinambungan, serta bahwa dengan memungkinkan semua perangkat berbicara satu sama lain secara langsung, IPv6 memungkinkan layanan inovatif yang baru.

Anda tidak perlu menyiapkan apa pun, namun jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut dan mendukung IPv6.

Beberapa pertanyaan umum:

1. Apakah IPv4 dan IPv6 itu?

Pv4 adalah versi Protokol Internet saat ini, yaitu sistem identifikasi yang digunakan internet untuk mengirimkan informasi antar-perangkat. Sistem ini menentukan kelompok empat angka (masing-masing memiliki rentang antara 0 hingga 255) untuk setiap perangkat. IPv4 hanya memungkinkan sekitar 4 miliar alamat dan internet memerlukan lebih banyak dari itu. IPv6 adalah Protokol Internet versi baru dan memperluas jumlah alamat yang tersedia hingga hampir tak terbatas–340 triliun triliun triliun alamat.

2. Mengapa IPv6 penting?

Internet kehabisan alamat IPv4. Beralih ke IPv6 membuat internet dapat terus berkembang serta memungkinkan dikembangkannya layanan yang inovatif dan baru karena lebih banyak perangkat yang dapat tersambung ke internet.

3. Apakah alamat IP itu?

Sama seperti nomor telepon yang membantu Anda berkomunikasi dengan telepon lain, alamat IP (singkatan dari alamat Internet Protokol) diberikan pada komputer Anda sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan situs web, layanan internet, dan perangkat lainnya. Alamat IP adalah angka yang ditampilkan dalam bentuk rangkaian huruf atau angka, misalnya 192.0.2.1 (untuk IPv4) dan 2001:db8::1234:ace:6006:1e (untuk IPv6).

4. Apa peluncuran IPv6 itu?

Peluncuran IPv6 sedunia pada tanggal 6 Juni 2012 yang diselenggarakan olehInternet Society merupakan hari saat situs web besar dan Penyedia Layanan Internet (ISP) yang berpartisipasi mengaktifkan IPv6 secara permanen dan memulai peralihan dari IPv4.

5. Apakah saya akan melihat perbedaan? perlukah saya menyimpan sesuatu?

Anda tidak perlu menyiapkan apa pun untuk IPv6; aplikasi dan perangkat Anda akan bekerja seperti sebelumnya. Perubahan ini adalah untuk memastikan bahwa Anda tetap dapat menggunakan internet di masa depan, seperti saat ini.

6. Berapa lama peralihan akan berlangsung?

Peralihan penuh dari IPv4 ke IPv6 akan memakan waktu, pasalnya setiap situs web dan Penyedia Layanan Internet harus menjalankan peralihan tersebut. Sementara itu, kedua sistem akan bekerja bersama hingga IPv4 tidak lagi diperlukan.

7. Apakah anda menonaktifkan IPv4?

Tidak, layanan IPv4 akan terus beroperasi seperti biasa.

8. Apa saya sudah memiliki IPv6?

Anda mungkin sudah menggunakan IPv6, kunjungi ipv6test.google.com untuk memeriksanya. Banyak perangkat yang Anda gunakan sudah mendukung IPv6; namun, situs web yang Anda kunjungi dan Penyedia Layanan Internet Anda harus mengaktifkan IPv6 terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya.

9. Saya belum memiliki IPv6. Bagaimana cara mendapatkannya?

Banyak situs web besar dan Penyedia Layanan Internet yang kini mendukung IPv6, namun masih banyak juga lainnya yang perlu melakukan peralihan. Jika Anda ingin menggunakan IPv6, hubungi Penyedia Layanan Internet Anda untuk memintanya memberikan akses internet IPv6 kepada Anda. Anda mungkin juga perlu mengaktikan IPv6 pada router rumah Anda atau meningkatkan versi ke router rumah yang mendukung IPv6. Untuk daftar pabrik router rumah yang mendukung IPv6.

10. Apakah sebelumnya ada IPv5?

Versi 5 telah diberikan untuk Internet Stream Protocol yang dikembangkan sebelum IPv6–versi ini tidak pernah digunakan secara luas dan tidak akan digunakan untuk publik.

Referensi: http://www.google.co.id/ipv6

Iklan

Tag: , , , , , ,

4 Tanggapan to “6 Juni 2012, “Internet Google Launching Album IPv6””

  1. So Chen Says:

    wah.. makin seru ya di dunia IT…. terima kasih informasinya..
    salam kenal… 🙂

  2. Jimmy Al Ghazali Indra Says:

    perlu keuletan ya bro untuk menjelajahi dunia internet, telebih lg buat pemula kayak ane

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: