Rahasia Tentang Uang (Chapter 4)

Rahasia #31

Kerjakan pekerjaan yang anda sukai,

dan uang akan datang dengan sendirinya.

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia,

Penulis buku-buku best seller)

Ingatlah pepetah lama, “Cintailah yang Anda kerjakan, dan Anda tak akan bekerja sehari pun dalam hidup Anda.” Itulah cara paling efektif untuk menjaga ritme dan konsistensi di dalam pekerjaan maupun bisnis . Ritme dan konsistensi  adalah kunci keberhasilan karir maupun bisnis.

Rahasia #32

Bila tidak punya uang, pinjamlah.

Tapi pinjamlah sesuai yang Anda butuhkan

dan usahakan membayarnya lebih cepat

Aristotle Onassis

(Miliarder dan raja kapal Yunani)

Tak jadi masalah kalau Anda harus berhutang.namun gunakan utang untuk tujuan-tujuan produktif. Utang yang produktif pada hakikatnya bukanlah utang. Ia adalah sukses untuk mencapai keberhasilan lebih cepat. Namun utang konsumtif yang tak terkendali akan menyita seluruh pendapatan Anda di masa depan.

Rahasia #33

Kalau menanggung utang atau risiko, Anda harus dibayar.

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan,

Penulis seri Rich Dad Poor Dad)

Segalanya harus seimbang. Utang (payable) jodohnya piutang (receivable) stau asset, dan risiko berpasangan dengan keuntungan (expected return). Jadi, jangan pernah berhutang untuk sesuatu yang tidak member asset riil. Jangan pernah menempuh risiko dengan expected return yang tidak sebanding. Singkatnya, jangan membuat lubang kubur sendiri dengan utang dan risiko yang tidak perlu.

Rahasia #34

Tak seorang pun bisa meningkatkan

Taraf hidupnya tanpa ambil risiko.

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia,

Penulis buku-buku best seller)

Tidak semua risiko itu buruk. Risiko sebetulnya adalah persepsi, atau sudut pandang Anda terhadap suatu rencana. Mereka yang optimis memandang risiko sebagai tantangan yang harus ditaklukan, sedangkan mereka yang pesimis menghindari risiko. Pada akhirnya, keuntungan akan menghampiri mereka yang bersedia mengambil risiko. Yang harus selalu diingat, risiko harus sebanding dengan keuntungan.

Rahasia #35

Jangan meminjam unag dari teman.

Paul Hanna

(Motivator ternama Australia,

Penulis buku-buku best seller)

Bedakan dengan tegas antara hubungan persahabatann dan hubungan bisnis. Berpikirlah seribu kali ketika akan mengjak sahabat karib untuk bekerja sama dalam bisnis. Memang, berbisnis bisa memberikan Anda sahabat-sahabat yang baik. Namun berbisnis dengan teman baik berpotensi mempertaruhkan pertemanan Anda. Jika butuh uang, jangan meminjam dari teman, selagi masih ada bank yang membuka loketnya.

Rahasia #36

Hari tidak hujan ketika Nabi Nuh

Membangun bahtera.

Dan Benson

(Konsultan keuangan, penulis buku

“12 Stupid Mistakes People Make

With Their Money”)

Di muka bumi ini, segala sesuatu bisa terjadi. Tidak ada yang tidak mungkin. Bersiaplah untuk segala kemungkinan, dari yang terbaik hingga yang terburuk. Rahasia para miliarder adalah mereka membuat banyak sekali rencana dengan memperhitungkan segala kemungkinan, sehingga apapun yang terjadi, mereka bisa mengantisipasi.

Rahasia #37

Jangan pernah menghancurkan nafkah ornag lain

Aiko Morita

(Pendiri Sony Corporation)

Semua orang memiliki jatahnya sendiri-sendiri, begitu pula dengan Anda. Keinginan untuk menguasai milik orang lain merupakan bibit keserakahan. Bisnis yang didasari oleh ketamakan biasanya tidak berjalan mulus. Fokuskan saja perhatian pada upaya maksimal yang bisa Anda bisa lakukan pada bisnis Anda, demi kebaikan bersama. Bisinis yang sejati didasarkan pada prinsip semua untung dan semua senang.

Rahasia #38

Cara terbaik mengehentikan kebiasaan buruk adalah:

jangan pernah memulainya!

J.C. Penney

(Pendiri Jaringan Toko J.C. Penney)

Banyak kebiasaan buruk yang tidak sengaja menggerogoti asset Anda, tetapi juga menjadi ngengat bagi jiwa dan kebahagiaan hidup Anda. Kebanyakan, kebiasaan buruk itu bersifat adiktif.  Anda akan kecanduan. Cara efektif menghindari kebiasaan yang adiktif adalah tak pernah memulainya, atau bahkan, jangan pernah memikirkannya.

Rahasia #39

Kalau Anda berutang kepada semakin banyak orang,

 berarti Anda semakin miskin.

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan,

Penulis seri Rich Dad Poor Dad)

Rumusnya ASET – UTANG = KEKAYAAN. Kalau mau kaya, tingkatkanlah asset dan kurangi utang. Asset memang bisa didapat melalui utang, namun jangan membeli asset dengan utang yang lebih besar dari nilai asetnya. Jangan menambah utang untuk sesuatu yang tidak menambah saset, misalnya untuk kebutuhan konsumtif. Terlalu banyak memiliki kartu kredit, berarti Anda semakin miskin.

Rahasia #40

Kita harus meyakinkan anak- anak

Kita bahwa uang tidak dating dari mesin ATM.

Dan Benson

(Konsultan keuangan, penulis buku

“12 Stupid Mistakes People Make

With Their Money”)

Orang tua kita berusaha meyakinkan kita bahwa uang tidak tumbuh di pohon, sekarang kita harus meyakinkan anak-anak kita bahwa uang tidak dating dari mesin ATM. Uang merupakan buah dari proses kerja keras. Uang merupakan konsekuensi dari kerja leras, ide cerdas, atau kreatifitas.

Rahasia #41

Ketahuilah apa yang sedang dilakukan uang Anda.

David Bach

(Penasihat keuangan, penulis buku

“Smart Couple Finish Rich”)

Seperti halnya senjata, uang bisa menjadi alat bagi Anda, tetapi juga bisa membunuh Anda. Seperti halnya ideology, uang bisa menjadi sarana bagi Anda mencapai tujuan, tetapi uang juga bisa memperalat Anda. Ketahuilah dengan pasti apa yang sedang dilakukan uang Anda; apakah ia akan membuat Anda bertambah kaya raya atau bertambah miskin.

 Buku Sumber: “Rahasia Tentang Uang” Menurut Kalangan Jet Set & ParaPakar Fianansial Terkemuka Karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: