Rahasi Tentang Uang (Chapter 3)

Rahasia #21

Orang kaya menciptakan uang

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan,

penulis seri Rich Dad Poor Dad)

Orang miskin dan kelas menengah mencari uang, sedangkan orang kaya yang menciptakan uang. Bagaimana mereka bisa menciptakan uang? dengan bahan dasar ide-ide kreatif, dikombinasikan dengan instink bisnis yang brilian, mereka bisa menghasilkan trilliunan dollar. Sebagian kecil diantarannya, dibagikan kepada orang miskin dan kelas menengah yang bekerja untuk mereka.

Rahasia #22

Pebisnis yang selalu mengeluh kekurangan modal uang,

ibarat tukang yang selalu mengeluh soal perkakasnya.

Jhon Paul Getty

(Pendiri Getty Oil)

Uang adalah alat, dalam berbisnis, uang merupakan sarana untuk mencapai tujuan-tujuan bisnis itu sendiri. pebisnis yang selalu mengeluh soal uang biasanya selalu terbelit soal cashflow (arus kas) karena ia gagal menjaga keseimbangan antara tujuan jangka panjang dan hambatan jangka pendek. bisnis tidak ditentukan uang sebagai modal awal, tetapi orisinilitas ide dan kemampuan memberi layanan lebih baik daripada pesaing.

Rahasia #23

bila suatu bisnis makin tergantung pada uang, 

maka semakin kecil kemungkinanya untuk sukses.

(Mark McCormark)

(Miliarder)

Buisness is not about money, it is about people. pengusaha yang hanya mengandalkan modal (kapital) sebagai daya saingan cepat tersisih dari kompetisi. bisnis yang didasarkan pada kemampuan memahami karakter orang (mulai dari karyawan hingga pelanggan), akan eksis lebih lama. kekuatan modal menmungkinkan sang pebisnis menjual produk lebih murah daripada pesaingnya. namun konsumen zaman sekarang lebih mudah melupakan harga daripada pelayanan.

Rahasia #24

keran air yang bocor setetes demi setetes, akan membuang bergalon-galon air.

J. Donald waters

(Pemotivasi)

waspadailah pengeluaran yang tidak tampak sebagai pengeluaran. luangkan waktu untuk menghitung detail pengeluaran Anda, maka Anda akan terkejut melihat banyaknya pos yang bisa dipangkas. biaya bunga misalnya, akan berkurang secara signifikan bila Anda sedikit bersusah payah untuk melunasi utang kartu kredit sebelum jatuh tempo. setiap rupiah yang dihemat, tentu dengan cara yang wajar dan elegan, akan menentukan kehidupan Anda di masa mendatang.

Rahasia #25

uang membuat dunia berputar.

Dan bukanlah secara harfiah uang dapat memindahkan gunung? 

Marshall Glickman

(miliarder dan konsultan keuangan)

uang merupakan energi yang sangat besar untuk menggerakan roda ekonomi masyarakat modern. uangah yang membuat dunia berputar, tetapi juga bisa membuatnya hancur. tergantung kepada pemilik uang, apakah ia akan memanfaatkannya secara positif, atau justru dipakai untuk membuat dunia semakin rusak.

Rahasia #26

setelah beberapa lama, uang berlipat ganda.

setelah sangat lama, uang berlipat ganda secara dramatis.

David Bach

(penasihat keuangan, penulis buku “Smart Couples Finish Rich”)

Uang adalah “makhluk hidup” yang beranak pinak. uang dalah kesempatan, oleh karena itu ada konsep pada istilah “nilai waktu dari uang” (time value of money). ketika uang da di tangan anda, maka anda bisa membuatnya beranak-pinak, atau anda juga bisa menyembelihnya dan memakan dagingnya.

Rahasia #27

perlu waktu lama bagi investor

untuk menjadi cukup canggih untuk

menyadari betapa sederhananya prinsip investasi.

Peter De Teresa

(analis senior morningstar.com)

kata kuncinya adalah produktivitas. investor harus memilih lahan mana yang paling produktif bagi uangnya. bagi orang awam, kemampuan membedakan antara tujuan produktif dan konsumtif, itu sudah meruoakan keunggulan. mereka yang sukses secara finansial , pada umumnya mengarahkan uangnya pada tujuan produktif dan mengesampingkan tujuan konsumtif.

Rahsaia #28

milikilah alasan yang kuat setiap kali Anda mengeluarkan uang.

Dan Banson

(konsultan keuangan, penulis buku “12 stupid

mistakes people make with their money)

jangan pernah mengeluarkan uang untuk alasan yang lemah, misalnya “karena ada diskon”. tergiur pada diskon hanya menunjukkan kelemahan diri anda.

jadi anda harus memiliki alasan yang lebih kuat ketika anda mengeluarkan uang, yaitu untuk tujuan produktif. pada usia dibawah 30 tahun, hanya ada 2 kebutuhan pokok, yaitu kebutuhan untuk bertahan hidup dan investasi. selain nilai investasi anda berkembang, anda harus mengalokasikan pengeluaran untuk kenyamanan hidup.

Rahasia #29

kalau anda harus bekerja, maka bekerjalah untuk belajar. jangan bekerja untuk uang!

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan, penulis seri “Rich Dad Poor Dad”)

sebelum menjadi buisness owner atau investor, anda harus belajar. salah satu cara belajar yang efektif adalah bekerja. kalau bekerja dengan tujuan belajar, jangan pedulikan uangnya. upah anda adalah ilmu yang anda dapatkan dari tempat kerja. gunakan ilmu itu untuk meminimalkan learning cost ketika Anda mendirikan bisnis sendiri.

Rahasia #30

lima kata terpenting yang membangun kekayaan adalah: “have an asset-allocation plan”

(miliki suatu rencana alokasi aset)

Michael LeBouf

(Pakar bisnis dari University Of New Orleans)

banyak orang berhasil mencapai tingkat penghasilan tinggi, namun mereka bertambah miskin. mengapa? sebab mereka tak punya rencana produktif bagi penghasilan mereka. alih-alih membangun aset, mereka justru memperbesar utang begitu menerima kenaikan gaji. berkonsultasilah dengan penasihat keuangan, dan cobalah manyusun rencana alokasi aset untuk penghasilan Anda.

 Buku Sumber: “Rahasia Tentang Uang” Menurut Kalangan Jet Set & ParaPakar Fianansial Terkemuka Karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: