Rahasia Tentang Uang (Chapter 1)

Uang merupakan alat tukar-menukar yang telah mengubah peradaban dunia begitu dramatis. Selain sebagai alat praktis untuk bertransaksi tetapi juga sarana untuk mengumpulkan kekayaan dan kemakmuran.

Uang telah banyak menyita perhatian sebagian besar umat manusia dari waktu ke waktu. Miliaran jiwa manusia bergaul dengan uang dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak banyak yang menyisihkan waktu untuk memahami karakteristik uang.

Melalui tulisan ini Saya ingin berbagi isi tentang sebuah buku mengungkapkan beberapa hukum dan teori tentang uang. Kelebihan buku ini Saya rasa terletak pada sisi kesederhanaan sehingga memudahkan para pembaca yang menginginkan ilmu yang secara tepat dapat diterapkan dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Rahasia #1

Milikilah visi untuk bebas secara financial

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan, penulis seri “Rich Dad Poor Dad”)

Segalanya dimulai dari visi. Bayangkan diri anda 10 atau 20 tahun lagi; itulah visi Anda. Kebanyakan orang bermimpi untuk menjadi kaya, bukan untuk bebas secara financial. Menjadi kaya sajalah tidak cukup, sebab banyak orang kaya yang akhirnya jatu miskinn karena tidak begitu paham tentang karakter uang. Jadi, ciptakan visi Anda, dan kuasailah segala rahasia tentang uang dan kemakmuran.

Rahasia #2

Apapun Estee Lauder yang anda berikan kepada orang lain, akan kembali kepada Anda.

Estee Lauder

(Pendiri Estee Lauder, Inc)

Ini dikenal dengan hukum resiprokal. Si kikir tidak akan pernah menjadi kaya, sebab orang lain akan membalas sikap kikirnya. Mereka yang sungguh-sungguh kaya tidak berkonsentrasi untuk mengurangi pengeluaran. Mereka memaksimalkan pendapatan. Intinya siapa menabur akan menuai.

Rahasia #3

Aturan 1: Jangan pernah mau rugi

Aturan 2: Jangan pernah lupa aturan no.1

Wareen Bufett

(Investor dan orang terkaya di dunia)

Kerugian tidak hanya membuat uang/ asset Anda berkurang, tetapi juga jatidiri Anda. Ketika rugi, banyak orang menghibur diri dengan mengatakan bahwa kerugian itu biasa. Sesungguhnya itu membohongi diri sendiri. Apapun yang terjadi, hindarkanlah kerugian. Kalau suatu saat kerugian itu toh terjadi juga, berusahalah dengan keras untuk menggantinya dalam bentuk non financial.

Rahasia #4

Saya pernah miskin, dan saya pernah hidup berkelimpahan.

Ternyata menjadi orang kaya jauh lebih baik.

Frank Sinatra

(Penyanyi terkenal)

Uang adalah alat, tidak kurang dan tidak lebih. Uang bukanlah tujuan, kecuali bagi mereka yang memilih menjadi “hamba uang”. Tetapi sebagai alat, uang member kita banyak kemudahan. Uang memberi kita banyak pilihan. Bebas secara financial berarti independen dalam banyak hal.

Rahasia #5

 Uang akan muncul di tempat orang-orang yang mencarinya

Rupert Murdoch

(Pemimpin News Corporation)

Faktor terpenting di balik kesuksesan adalah berusaha dengan konsisten. Jadilah lebih baik daripada yang lain. Keberuntungan hanya satu persen, selebihnya ditentukan oleh kerja keras. Uang dan kemakmuran adalahhak mereka yang mencarinya. Ketuklah, maka pintu akan dibukakan bagi Anda. Carilah, maka Anda akan mendapatkannya.

Rahasia #6

Kemampuan financial bersumber dari

pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.

Henry Ford

(Pendiri Ford Motor Indonesia)

Bila uang Anda dijadikan sumber rasa aman, Anda salah besar. Satu-satunya yang bisa menjamin rasa aman di dunia ini adlah pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan. Tanpa tiga hal tersebut, berapapun uang yang Anda miliki, akan cepat terkikis habis. Tak ada yang menguap lebih cepat dibandingkan uang tunai di tangan mereka yang tidak memiliki pengetahuan , pengalaman, dan kemampuan.

Rahasia #7

Untuk menjadi miliarder, Anda harus memiliki mental miliarder.

Jhon Paul Grtty

(Pendiri Getty Oil)

Kekayaan dan kemakmuran adalah konsekuensi dari cara berpikir, karakter, dan mental Anda. Miliarder memiliki cara berpikir, karakter, dan mental seperti selayaknya seorang miliareder. Milikilah tiga hal tersebut; cara berpikir, mental, dan karakter seperti halnya seorang miliarder. Bacalah apa yang mereka baca, milikilah nilai-nilai yang mereka anut, dan bekerjalah sekeras mereka. Maka Anda mampu menyejajarkan diri dengan mereka.

Rahasia #8

Untuk mendapatkan satu ons

emas, Anda haruss memindahkan berton-ton tanah.

Andrew Carnegie

(Pendiri Carnegie Steel Company)

Bila Anda melihat mobil atau rumah mewah, atau setumpuk uang miliaran rupiah, sadarilah upaya yang harus dilakukn untuk mendapatkannya. Di muka bumi ini tidak ada sesuatu yang garatis. Kaum miliarder mengumpulkan asset mereka sedollar demi sedollar. Mereka menjaganya, mengembangbiakkannya, dan terus membuatnya tumbuh. Tanpa lelah mereka memindahkan ratusan ton tanah, untuk memperoleh segumpal emas.

Rahasia #9

Hanya orang menaburlah yang akan menuai.

B. C. Forbes

(Pendiri majalah Forbes)

Uang ibarat bulir-bulir padi, dan sawah ibarat lahan investasi. Bila anda menaburkannya di lahan yang subur dan digarap dengan baik, maka Anda akan memetik penen berlipat ganda. Bila Anda tidak menaburkannya. Anda tidak akan menuai. Bila Anda mengkonsumsinya, ia akan segera habis. Begitu pula bila Anda salah memilih lahan, bulir-bulir padi Anda akan mongering dan hilang sia-sia.

Rahasia #10

Jangan bekerja untuk uang, biarkanlah uang bekerja untuk Anda.

Robert T. Kiyosaki

(Miliarder dan penasihat keuangan, penulis seri “Rich Dad Poor Dad)

Uang memiliki kekuatan untuk bekerja sendiri. Tugas pemilik uang adalah menempatkannya ke dalam pilihan investasi yang tepat, serta melindunginya dari berbagai gangguan. Dalam banyak kasus, risiko terbesar dari dalam diri investor itu sendiri.

Sumber: Buku karangan William Tanuwidjaja.

Iklan

Tag: ,

5 Tanggapan to “Rahasia Tentang Uang (Chapter 1)”

  1. chuckybugiskha Says:

    uang…. aku butuh, …!!

  2. F.Galih Mahardi Says:

    bener Gan, sebaik-baik uang & rezeki adl yang halal..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: